Rabu, 12 Desember 2018

Potensi AI (Artificial Inteligent) & WhatsApp bagi Masa depan Perusahaan E Commerce & Ritel di Indonesia

kecerdasan buatan telah mengambil bagiandalam kehidupan sehari-hari manusia saat ini, terlepas dari fakta bahwa masih banyak yang belum menyadarinya. Jika dulu AI (artificial intelligent) atau kecerdasan buatan awamnya kita kenal dan identik dengan film fiksi ilmiah yang sering kita tonton seperti The Matrix atau serial The Terminator, namun nampaknya saat ini sudah mulai menjadi objek nyata dalam kehidupan. Dikutip dari dailysocial.id definisi dari AI adalah kecerdasaan buatan/kecerdasan entitas ilmiah yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah.

Lalu apa peran dan  kegunaan AI ini untuk dunia bisnis? Dalam dunia usaha yang membutuhkan informasi dari hasil pengolahan data, AI dapat digunakan sebagai media untuk melakukan menghimpun dan menganalisis data yang semula tidak terstruktur dan terhubung. Kemudian melalui serangkaian proses algoritma dan sistematika data yang canggih, AI akan melalukan analisis data dan pola perilaku dan tren dari suatu objek data, dalam dunia bisnis objek data tersebut katakanlah sebagai konsumen atau trend industry, salah satunya tentu saja adalah untuk kegiatan pemasaran.

PT. VanWellis Indonesia sebagai salah perusahaan yang telah lama berkecimpung sebagai IT Solution Provider sadar betul bahwa AI (artificial intelligent) atau kecerdasan buatan akan mengambil banyak peran penting dalam perkembangan bisnis pada masa depan. Interactive WhatsApp Response adalah salah satu solusi yang revolusioner yang dikembangkan oleh PT. VanWellis Indonesia yang tentu saja dilengkapi dengan AI (artificial intelligent) yang akan sangat berguna sebagai perusahaan E Commerce atau Ritel di Indonesia.




Interactive WhatsApp Response sebagai solusi visualisi penerapan AI untuk E Commerce dan ritel

Mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa teknologi AI sebenarnya sudah banyak diadopsi di Indonesia, terutama di bidang e-commerce dan ritel, meskipun skalanya belum terlalu besar.

Tapi pada kenyataannya memang tidak banyak pemain yang blak-blakan menjelaskan teknologi AI yang mereka terapkan. Namun, ada sebagian pelaku yang merupakan pelopor sekaligus cukup terbuka pada media, seperti BukaLapak misalnya. Contohnya Dalam hal chatbot dan layanan pelanggan, cukup banyak e-commerce ataupun situs umum di Indonesia yang sudah mengadopsi teknologi ini.

Interactive WhatsApp Respond merupakan suatu teknologi yang di bawa oleh PT.VanWellis Indonesia untuk membantu dan meningkatkan interaksi antara customer dengan anda pelaku bisnis, yang tentu saja juga bertujuan untuk meningkatkan profit atau sales di perusahaan  anda dan tidak menambah beban biaya yang signifikan.

Mudahnya, konsep interactive WhatsApp Respond ini sama dengan konsep IVR (Interactive Voice Respond) pada saat anda menelpon ke call center atau customer perbankan, telkomsel, indosat, dan lain sebagainya. Dengan IVR seseorang hanya perlu menekan tombol 1,2,3,4,5 sesuai dengan opsi dan kebutuhan si penelpon.

Interactive WhatsApp Respond harus perhitungkan sebagai salah satu solusi AI (Artificial intelligence) yang sangat layak untuk di terapkan bagi perusahaan E Commerce ataupun juga ritel. Karena Solusi cerdas yang di usung oleh PT. VanWellis Indonesia menggunakan WhatsApp sebagai media utamanya yang mana WhatsApp saat ini sudah punya 700+ juta pemakai aktif, mengungguli kecepatan pertumbuhan platform piranti pengirim pesan lain dalam sejarah. Selain itu dengan jumlah pengguna WhatsApp ditaksir mencapai lebih dari  lebih dari 50 juta pengguna aktif di Indonesia, maka Intercative WhatsApp Respond juga akan menjadi salah satu solusi ampuh bagi anda yang ingin memiliki salah satu solusi chatbot yang dapat mendukung aktivitas marketing di perushaan anda dan sekaligus untuk menjaga kepuasan pelanggan anda.

Apalagi dengan fitur AI yang dimiliki oleh Interactive WhatsApp Response tentu akan semakin memanjakan dan membuat pelanggan anda merasakan kemudahan dalan berbelanja ataupun berintekrasi dengan anda para pelaku E Commerce dan Ritel. Karena berdasarkan survey yang dilakukan oleh dailysocial.id mengatakan bahwa “kendati belum banyak yang yakin terhadap manfaat layanan berbasis chatbot, responden mengaku bahwa otomasi layanan pelanggan berbasis chatbot akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya terkait kecepatan dalam pelayanan. Di survei yang sama juga disinggung bahwa konsumen cukup merasa terbantu dengan adanya fitur rekomendasi yang diberikan pada sebuah layanan online atau berbasis aplikasi”

PT. VanWellis Indonesia sangat optimis bahwa solusi Interactive WhatsApp Response akan menjadi pelopor dari berkembangkan wajah bisnis E Commerce dan Ritel di Indonesia, apalagi sistem ini juga didukung oleh banyak sekali AI yang merupakan bagian penting yang dibutuhkan oleh setiap industri E Commerce dan Ritel di Indonesia, serta Peran WhatsApp sendiri yang sudah tidak dapat dipisahkan pada setiap daily activity generasi millennial.

Jadi tunggu apa lagi, Jika Anda memiliki minat yang sama dan tertarik mendiskusikan bagaimana Interactive WhatsApp Response mampu memberikan solusi terbaik untuk perkembangan Perusahaan E Commerce dan ritel anda, maka dapat menghubungi kami di 021-42872848 atau email di dedi@vanwellis.com/marketing@vanwellis.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Bingung jual properti, WhatsApp Automation System Solusinya

Tahun 2019 sudah diambang mata. Dengan kecanggihan teknologi komunikasi , sudah umum saat tahun baru ini tiba, kita menggunakan fasilitas...